HOT NEWS

Jumat, 18 Mei 2012

RW 02 Gading Kasri Patut Dicontoh

MALANG-Panitia lomba Clean and Green City tingkat RW se Kota Malang memberi apresiasi terhadap RW 02 Kelurahan Gading Kasri. Apresiasi ini dikarenakan wilayah ini sangat serius  menjadikan daerahnya benar-benar bersih dan hijau untuk menjadikan Kota Malang sebagai peraih Adipura.
 ‘’Wilayah RW 02 Gading Kasri sangat luas. Namun, wilayah ini secara merata sangat asri dan hijau. Ini yang patut dicontoh di daerah-daerah lain,’’ kata Andi Hamzah selaku Ketua Panitia Lomba Clean and Green City Kota Malang kepada Malang Post,  kemarin siang.
 Berbeda di daerah lain, biasanya wilayah yang asri hanya sebagian saja. Terutama di daerah tepi jalan atau di kawasan perumahan. Namun di RW 02 ini, penghijauan dan kebersiahan  hingga gang-gang kecil serta perkampungan penduduk. Sseluruhnya kelihatan asri. Warga yang melintas di kawasan ini pun tampak senang melihat berbagai tanaman hias yang ditanam di tepi jalan.  Tanaman pot didapatkan hampir di setiap depan rumah penduduk. Begitupula di jalan-jalan, baik itu jalan raya maupun jalan kecil yang masuk ke perkampungan juga terdapat tanaman yang sangat hijau.

 Selain penghijauan dan kebersiahan sangat merata, keunggulan lain wilayah ini yakni memiliki tanaman toga yang dikelola dengan baik. Bahkan di setiap RT yang ada di wilayah RW 02 ini memiliki tanaman toga.
 ‘’Pemanfaatan lahan kosong di wilayah ini benar-benar dimaksimalkan dengan baik untuk tanaman toga. Di RW 02 ini juga ada pembibitan tanaman. Ini yang menjadi penilaian tersendiri dari panitia,’’ tambah Andi Hamzah.
 Tidak hanya itu saja, Bank Sampah yang merupakan salah satu andalan Dinas Kebersihan Kota Malang untuk menciptakan wilayah Malang benar-benar bersih, juga didapatkan di RW 02 ini yakni dalam setiap RT.
 ‘’Kekompakkan Kader Lingkungannya juga sangat mendukung. Apalagi ada tokoh masyarakat yang ikut peduli atas kebersihan lingkungan. Tokoh masyarakat ini punya peran besar.  Inilah yang juga perlu dicontoh daerah lain,’’ tambah pria asal Sulawesi Selatan ini.
 Sementara itu di RW 06 Kelurahan Gading Kasri juga lumyan bagus. Di wilayah ini ada peningkatan dibandingkan penilaian tahap pertama.
 Tim juri sedikit kecewa ketika melakukan penilaian di wilayah RW 05 Kelurahan Kasin. Dari seluruh peserta yang dinilai Selasa (13/3), kemarin, wilayah RW 05 Kelurahan Kasin merupakan yang terjelek. Masyarakat sekitar kurang peduli terhadap lingkungannya, terutama kebersihan dan penghijauan.‘’Penghijauannya sangat kurang, kebersihannya juga belum nampak,’’ tambahnya.
 Wilayah ini yang mendapat penilaian lebih dari segi daur ulang sampah. Tim juri menganggap, daur ulang sampah ini sebagai unggulannya.‘’Kita sudah beri masukan agar dipenilaian tahap ketiga nanti, kebersihan dan penghijauan benar-benar diperhatikan,’’ kata Andi Hamzah.(jon/nug)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More